Minggu, 12 Februari 2017

Manfaat dan Khasiat Teh Daun Sukun Bagi Penderita Penyakit Ginjal atau Jantungan

Manfaat dan Khasiat Teh Daun Sukun Bagi Penderita Penyakit Ginjal atau Jantungan
Teh Daun Sukun


Daun sukun yang selama ini menjadi sampah ternyata memiliki kasiat bagi kesehatan manusia. Itulah hasil hasil penelitian mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Suhartono.

Dari penelitian Suhartono, daun sukun yang sudah diekstrak bisa menyembuhkan sakit ginjal dan jantung. Suhartono melibatkan dua temannya untuk meneliti daun sukun. Yaitu Retno Wulandari dan Yunita Praptiwi.

Selain buahnya bisa dikonsumsi sebagai camilan keripik, pohon sukun juga menyimpan sejuta manfaat pada daun nya. Umumya, obat herbal berbahan dasar dedaunan diolah dengan direbus lalu diminum airnya atau menjemur daun sampai kering. Kemudian langsung diminum atau ditambahkan bahan-bahan herbal lainnya.


Manfaat dan Khasiat Teh Daun Sukun Bagi Penderita Penyakit Ginjal atau Jantungan
Manfaat Daun Sukun


Kandungan Daun Sukun Yang Berguna Bagi Kesehatan


Berdasar penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ternyata daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin dan sirosterol yang bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovasikuler.

Selain bermanfaat dalam membantu penyembuhan sakit ginjal, darah tinggi, diabetes, menurunkan kolesterol serta mengatasi inflamasi.

Lalu Bagaiman Cara Mengolah Teh Daun Sukun ?


Suhartono menerangkan, cara pengolahan teh daun sukun tergolong sederhana. Awalnya, daun-daun muda dan segar dipetik langsung dari pohon kemudian dicuci hingga bersih.

Selanjutnya daun dipotong-potong dan dijemur di bawah sinar matahari selama 3-4 hari hingga mengering. “Setelah itu daun kering dihaluskan lalu dioven dan dikemas dalam bentuk teh celup,” katanya.

Layaknya mengonsumsi pada umumnya, teh daun sukun bisa dinikmati dengan merendamnya dalam air panas. Hanya saja untuk bisa menikmati teh ini perlu direndam lebih lama sekitar 4-5 menit perendaman hingga muncul warna coklat kehijauan.

“Karena terbuat murni dari bahan daun sukun asli tanpa tambahan pewarna perlu diaduk atau direndam lebih lama sampai keluar warnanya,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar