Sabtu, 11 Februari 2017

8 Herbal Alami Yang Bisa Atasi Diabetes

8 Herbal Alami Yang Bisa Atasi Diabetes
Manfaat Bilberry

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Untuk mengobatinya Anda bisa menggunakan herbal diabetes yang bisa membantu mengurangi dan menyembuhkan penyakit tersebut.

Gejala Diabetes Secara Umum 


Diabetes tidak datang secara tiba-tiba. Jika dicermati lebih lanjut, terdapat beberapa gejala diabetes yang biasa dialami oleh penderitanya. Beberapa gejala diabetes secara umum tersebut antara lain adalah:

1. Frekuensi buang air kecil yang terlalu sering. Tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. ‘Kelebihan’ cairan ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin, sehingga frekuensi buang air kecil pun meningkat.

2. Lebih cepat haus. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak karena frekuensi buang air kecil yang terlampau sering. Rasa haus ini adalah reaksi tubuh agar tetap terhidrasi dari asupan cairan.

3. Rasa lapar yang berlebihan. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik; sehingga secara alami tubuh akan memberi respon pada Anda untuk terus makan guna memperoleh lebih banyak energi.

4. Penurunan berat badan secara drastis. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memakai glukosa secara efektif. Akibatnya lemak akan dipecah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga pasien mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba.

5. Kelelahan kronis. Ketika tubuh gagal mengolah glukosa menjadi energi, maka pasien akan terasa lesu dan menjadi mudah lelah.

6. Penglihatan mulai kabur. Kadar glukosa yang terlalu tinggi juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan penglihatan pasien diabetes.

Tanaman/herbal tradisional merupakan salah satu cara yang manjur untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal.

Berikut ini beberapa herbal yang bisa atasi diabetes :


1. Basil

Basil mengandung flavonoid yang bisa menurunkan gula darah.

2. Bilberry

Bilberry lebih unggul dari blueberry karena mereka memiliki warna biru. Dan warna biru ini mengandung anthocyanin, antioksidan sehat yang memerangi diabetes, memperkuat jantung, peradangan lebih rendah serta penurunan lemak darah.

Sebuah studi yang dilakukan di Institute of Public Health dan Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi rutin bilberry segar (400 gram sehari) mengurangi penanda peradangan dan toleransi glukosa membaik pada orang dengan fitur sindrom metabolik.

3. Chamomile

Chamomile menurunkan gula darah dan mencegah komplikasi diabetes.

4. Cinnamon

Kayu manis menurunkan gula darah, menurut beberapa penelitian. Kayu manis mengandung phytonutrients yang mengurangi peradangan dan bisa membantu dalam penurunan berat badan dengan menurunkan kolesterol dan mempercepat metabolisme Anda.

5. Jinten

Cyminum Cuminum adalah rempah-rempah dalam keluarga peterseli. Jinten menurunkan gula darah dan kolesterol. Cumin juga memiliki efek yang baik pada produk akhir glikasi lanjut (AGEs) yang sangat merugikan pada penderita diabetes.

6. Dandelion

Dandelion merestocks tubuh Anda dengan agen pahit yang diperlukan, menurunkan tekanan darah Anda dan menyembuhkan hati Anda.

Seperti jelatang, dandelion meningkatkan aliran kemih dan dengan demikian, mendukung tindakan pembersihan ringan. Dan dandelion dikatakan mampu membantu penurunan berat badan.

7. Dill

Dill kini sedang diselidiki sebagai agen terhadap diabetes karena dill mengandung 70 bahan kimia yang membantu melawan diabetes.

8. Bawang Putih

Bawang putih baik untuk jantung Anda dan melindungi Anda dari kanker, seperti halnya bawang merah dan daun bawang yang berada dalam keluarga tanaman yang sama.

Bawang putih menurunkan gula darah dan lipid, serta C-reaktif protein, tanda peradangan.(fny/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar