Minggu, 16 Juli 2017

10 Manfaat Buah Alpukat Yang Berguna Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Alpukat Yang Berguna Untuk Kesehatan
Manfaat Alpukat


Manfaat Alpukat - Alpukat bisa dikatakan sebagai buah yang luar biasa, karena selain lezat rasanya, ia juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam alpukat atau avokad yang sejauh ini telah diketahui adalah potasium, lutein, dan folat. Aneka vitamin seperti vitamin B, C, E dan lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan. Selain itu kelebihan dari buah yang dapat dijadikan minuman jus ini juga rendah akan kandungan gula, namun kaya akan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal.

Para ahli di Loma Linda University melakukan penelitian apakah menambahkan alpukat segar untuk makan siang memiliki efek pada respon insulin, kadar gula darah, dan perasaan kenyang lebih lama. Temuan awal mereka telah menentukan, bahwa memang ada dasar untuk dilakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat makan alpukat untuk mengganti beberapa bagian makanan.

Sebelum kita membahas lebih detil mengenai manfaat dari buah alpukat, ada baiknya kita mengetahui berbagai kandungan gizi yang terdapat pada alpukat.

Lemak sehat

Jangan salah, lemak yang ada di alpukat adalah lemak baik, porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat. Artinya lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat ini. Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Manfaat lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.

Protein

Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah lain. Manfaat protein di dalam alpukat ini memang sangat baik untuk tubuh.( Baca : Manfaat Whey Protein)

Gula

Gula dalam buah ini nilainya cukup kecil, sebelah buah avocado terdiri dari 0.2 g gula, jadi tidak terlalu berbahaya untuk anda yang khawatir akan gula darah.

Vitamin dan Mineral

Seperti buah lainnya, tentu alpukat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Ia mmiliki kandugnan kalium (Kandungannnya lebih besar daripada pisang). Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2. Manfaat vitamin K merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan bayi, jadi akan sangat baik jika bayi anda rutin mengkonsumsi buah alpukat.

Serat

Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat serat sangat baik untuk tubuh karena serat sangat membantu dalam proses pencernaan.

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.
 

Manfaat Alpukat 

Berikut 10 manfaat buah alpukat untuk kesehatan kita :

1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi omega-6 merupakan faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi.(Baca : Manfaat Omega 3 6 9, Manfaat Omega 9, Manfaat Omega Squa)

Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

2. Mencegah Kanker

Alpukat kaya akan fitokimia yang telah dilakukan penelitian dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Ilmuwan yang meneliti karakteristik kemopreventif alpukat menyimpulkan bahwa phytochemical dari buah alpukat adalah strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.”

3. Penyakit radang sendi dan Encok

Penyakit ini lebih sering menyerang anda yang sudah mulai berumur, Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

4. Sumber serat

Alpukat mengandung serat, baik larut dan serat tidak larut. Hal ini berarti ia juga membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, membantu mempertahankan fungsi usus, dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan. 

5. Anti-Inflamasi
 
Kemampuan alpukat untuk membantu mencegah peradangan yang tidak diinginkan benar-benar tidak diragukan lagi dalam dunia medis, karena telah ditunjang dalam berbagai penelitian. Istilah “anti-inflamasi” adalah istilah yang benar-benar berlaku untuk buah lezat ini. Nutrisi anti-inflamasi Alpukat yang jatuh ke dalam lima kategori dasar:
  • Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, stigmasterol, dan campesterol
  • Antioksidan karotenoid, termasuk lutein, neoxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, violaxanthin, beta-karoten dan alpha-karoten
  • Antioksidan lainnya (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, dan mineral mangan, selenium, dan seng.
  • Asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram per cangkir irisan alpukat)
  • Alkohol lemak polyhydroxylated (PSA)
Sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk anti inflamasi.
 
6. Alpukat adalah makanan bagi otak

Alpakat adalah salah satu makanan otak yang sehat dan terbaik , yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Omega 3 serta vitamin E yang secara alami ada dalam alpukat telah terbukti secara klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, dan bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal.

7. Membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik

Makan alpukat ditemukan dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan hingga 5 kali. Karotenoid adalah termasuk beta karoten dan likopen, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan yang lebih baik. Peningkatan ini bisa terjadi karena nutrisi dan enzim dalam alpukat bekerja mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus. Jadi Anda tidak hanya mendapatkan tenaga listrik dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari makanan yang Anda pilih untuk dimakan bersama alpukat.

8. Dapat membantu mencegah stroke 

Kandungan folat yang tinggi dalam alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Orang yang makan makanan yang mengandung folat tinggi telah terbukti lebih sedikit yang terkena serangan stroke, dari pada yang hanya sedikit makan makanan yang mengandung folat.
 
9. Menurunkan kolesterol  

Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol, yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.

10. Menjaga kesehatan mata

Mengkonsumsi alpukat dapat meningkatkan asupan Lutein, yang akan melindungi kita dari degenerasi makula dan pembentukan katarak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan dengan tepat, apa sebenarnya yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari alpukat.

Mengingat manfaat dari mengkonsumsi buah alpukat untuk kesehatan, maka upayakan untuk mengonsumsinya dengan dosis tidak berlebihan dan lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar