Sabtu, 15 Juli 2017

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

 
10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Air Kelapa


Manfaat Air Kelapa - Pada siang hari yang terik, tentu minum merupakan hal yang dapat menyegarkan kerongkongan kita. Namun jangan sekadar air putih biasa, tidak ada salahnya mencoba minum air kelapa. Selain dapat menyegarkan, air kelapa juga kaya akan manfaat yang diyakini dapat menyehatkan tubuh.

Selain mudah untuk didapatkan, buah kelapa mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, serta banyak di jual di pasaran, dan juga mudah ditemukan dimana-mana. Selain memiliki rasa yang segar dan nikmat dikonsumsi pada cuaca sedang panas atau sedang berkeringat, air kelapa juga bisa dikonsumsi saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare. Air kelapa bisa menjadi alternatif dari air putih untuk menghidrasi tubuh kembali.


Kandungan Gizi dan Manfaat Air Kelapa

Berbagai manfaat air kelapa, antara lain :
  • Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.
  • Bantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.
  • Menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu terbukti memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.

Berikut ini adalah beberapa rincian mengenai kandungan gizi serta manfaat yang terkandung dalam air kelapa yang berguna untuk kesehatan.

1. Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa telah digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Selain air kelapa, manfaat pocari sweat yang merupakan minuman isotonik juga sangat bagus untuk dehidrasi.

Manfaat Air kelapa memang dikenal luas untuk menggantikan mineral dan cairan yang kita kehilangan selama kegiatan fisik atau olahraga. Orang-orang yang bekerja secara teratur harus minum banyak air kelapa untuk menjaga keseimbangan ion dalam tubuhnya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air ini bisa kita katakan sebagai air super, ia sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.

4. Menetralisir racun dalam tubuh


Air kelapa hijau mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Sudah lama masyarakat mempercayai bahwa air kelapa hijau sangat efektif diandalkan untuk membuang racun yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) di dalam air kelapa hijau sangat tinggi, selain itu tedapat kandungan enzim yang bekerja untuk mengurai zat racun di dalam tubuh.

Air kelapa hijau banyak memiliki kandungan elektrolit dan antioksidan yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Hal ini menjadi alasan kenapa air kelapa hijau sering disarankan untuk pasien yang sedang sakit.

5. Baik untuk ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.

6. Mengatasi dan mencegah infeksi

Air kelapa juga bisa berperan sebagai “obat alami” yang berguna untuk menyembuhkan infeksi urin. Di negara-negara Asia di mana kelapa berlimpah, air kelapa digunakan untuk mencegah infeksi saluran kemih. Air kelapa dapat menjadi diuretik alami untuk menghancurkan bakteri dari saluran kemih. Adapun cara yang lebih efektif adalah dengan minum jus cranberry untuk mencegah bakteri E.coli. Bakteri E coli yang paling renran menyebabkan infeksi saluran kemih, yang dapat melekat pada dinding saluran kemih.

Minum air kelapa dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi ragi yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika wanita mengalami masalah infeksi pada vagina, maka disarankan sering minum air kelapa. Buah dan air kelapa muda juga mampu untuk menyembuhkan infeksi urine.

7. Kontrol diabetes

Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

8. Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

9. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa  memiliki kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

10. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sangat baik dan bergizi untuk pasien jantung dan diabetes, serta membantu dalam upaya penurunan berat badan jika mengalami berat badan berlebih, hal itu karena air kelapa tidak memiliki kandungan gula yang berlebihan.

Menurut para peneliti, beberapa elektrolit yang ditemukan di dalam air kelapa, khususnya kalsium dan magnesium, membantu untuk menurunkan resiko stres dan mencegah ketegangan otot. Para peneliti juga percaya bahwa manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung mungkin karena kandungan kalium, kalsium, dan magnesium di dalam air kelapa. Selain itu, semua elektrolit membantu dalam menjaga kesehatan jantung.


Tips Konsumsi Air Kelapa

Walaupun telah banyak studi yang mengatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan natrium baik seperti minum minuman olahraga komersial, tentu konsumsi harus dibatasi dan sewajarnya.  Berikut adalah beberapa tips konsumsi air kelapa untuk memperoleh manfaat yang maksimal.
  • Konsumsi 1-2 gelas air kelapa dipagi / siang hari untuk dewasa.
  • Jangan berikan pada bayi/ balita, ikuti saran dokter jika ingin diberikan di bayi dengan dosis tepat.
  • Jangan konsumsi pada malam hari sebelum tidur karena cairan ini mudah diserap tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan timbunan glukosa.
  • Air kelapa juga memiliki kandungan kalori, jadi jangan meminum air kelapa setiap hari secara berlebihan.
Demikianlah penjelasan mengenai 10 manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh. Semoga dapat berguna dan membuat Anda lebih mengetahui tentang manfaat dari mengkonsumsi air kelapa untuk kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar